Kelebihan Framework Laravel

laravel - idelogi

idelogi

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada artikel ini kita akan membahas sedikit tentang “Kelebihan Framework Laravel  ?”.

Sebelum kita membahas kelebihan yang dimiliki si Laravel ini, kita bahas dulu apa sih Framework itu ? nah buat yang belum tau apa itu framework, Framework adalah komponen pemrograman yang siap re-use (bisa digunakan ulang) kapan saja, sehingga programmer tidak harus membuat skrip yang sama untuk tugas yang sama. Misalkan kita ingin membuat halaman – halaman web menampilkan data dengan paginasi(paging) halaman, framework telah menyediakan fungsi paging tersebut sedangkan programmer cukup menggunakan fungsi tersebut pada saat coding, tetapi tentu dengan kaidah – kaidah yang ditetapkan oleh masing – masing framework.

Pembuat Laravel adalah Taylor Otwell. Taylor sendiri, ternyata memiliki latar belakang .NET. Seperti yang sudah umum diketahui bahwa teknologi .Net bisa digunakan untuk membuat aplikasi enterprise. dan Taylor Otwell mencoba mengaplikasikan pengalamannya tersebut ke dalam laravel. Dia baru mulai belajar PHP setelah versi 5.3 dirilis dan laravel sangat beruntung karena keterlambatan mengenal PHP tersebut membuat laravel tidak terkontaminasi dengan ‘backward compatibility’ PHP dan bisa focus memanfaatkan fitur – fitur barunya.

Beberapa kelebihan laravel :

  1. ExpressifLaravel adalah sebuah framework PHP yang expressif artinya ketika melihat suatu syntax Laravel, seseorang programmer “diharapkan” akan langsung tahu keguanaan dari syntax tersebut meskipun belum pernah mempelajarinya apalagi menggunakannya.
  2. SimpleSalah satu yang membuat laracel begitu simple adalah adanya Eloquent ORM. Misalkan, kita ingin mengambil semua data yang ada pada table users. Maka yang kita perlukan, hanya membuat sebuah class model bernama User:
    Kemudian kita tinggal mesukkan semua data dari table users tersebut dengan cara sebagai berikut :$all_user = User::all();dengan begitu, semua data dari table users, akan dengan mudah diakses dengan melakukan looping terhadap variabel $all_user.
  3. Dikembangkan secara khusus untuk PHP 5.3Mungkin banyak yang sudah tahu bahwa php 5.3 miliki cukup banyak fitur baru dalam segi bahasa, yang membuat php terasa lebih modern dan powerfull. Laravel dikembangkan secara khusus untuk php 5.3, jadi framework ini bisa memanfaatkan berbagai macam kelebihan yang dimiliki php versi terbaru tersebut. Tidak ada backward compatibility dengan php versi sebelumnya.
  4. Dokumentasi yang baikLaravel dibuat dengan dokumentasi yang sangat lengkap. Core Developer dari Laravel sendiri ber-komitmen, untuk selalu menyertakan dokumentasi yang lengkap setiap kali melakukan versi terbarunya.untuk mengetahui laravel lebih lanjut silahkan visit www.laravel.com.

Referensi : Laravel 5 (Panduan Praktis dan Trik Jitu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *